Wichita Lineman

  • Ali 
jacob-snell-and-darlene-ozark

Jacob Snell berhenti melangkah. Darlene, sang istri, yang jalan di depannya juga ikut berhenti setelah tidak mendengar suara gresek-gresek dedaunan di belakangnya.

Jacob lanjut melangkah, menghampiri Darlene yang sedang berdiri menantinya. Ia masih membawa secangkir kopi buatan Darlene. Sayangnya, setelah 45 tahun bersama, Jacob harus mengakhiri hidup Darlene hari itu. Keputusan yang sangat berat. Tapi ia sudah memikirkan matang-matang. Darlene masih seperti dulu, seorang yang keras kepala dan tanpa perhitungan. Dan dia akan tetap seperti itu, selamanya.

Jacob mengeluarkan sebilah pisau dari kantung celana jeans-nya yang kemudian disembunyikannya di balik lengan kanan.

Mereka sudah berada jauh dari rumah. Tidak ada yang akan melihat peristiwa itu. Jacob juga sudah menyiapkan alasan jika ada yang bertanya tentang Darlene. Lagi pula, kecuali dirinya, tidak ada yang akan kehilangannya.

Namun, Jacob tidak sadar, diam-diam Darlene tahu rencana Jacob terhadap dirinya. Itu sudah menjadi instingnya. Darlene yakin pisau itu tidak akan sampai menusuk tubuhnya. Jacob tidak akan berhasil membunuhnya, dengan cara apa pun. Dan betul saja. Belum sempat Jacob mengangkat pisau itu, tiba-tiba saja tenggorokan jacob tercekat sepertinya kesulitan bernafas. Racun itu bekerja tepat pada waktunya. Darlene sendiri yang membuat racun itu, arsenik dari buah berry itu. Dia juga yang menuangkannya ke dalam kopi Jacob.

Mata Jacob mendelik, sebentar lagi ia lagi akan ambruk. Tapi Darlene tidak akan membiarkan Jacob terjatuh. Dia menahan tubuh Jacob dan meletakkannya ke atas tanah dengan perlahan. Dia memandang kekasih tercintanya itu. Dia menertawakan Jacob yang cukup bodoh menganggap dirinya seolah tidak tahu apa-apa. O, Jacob si ceroboh. 45 tahun dan Jacob masih belum kenal betul dirinya.

Jacob sepertinya juga ingin tertawa. Menertawakan kebodohannya. Ia seharusnya tahu Darlene akan meracuninya.

Itu adegan terakhir Ozark season 2 episode 9. Adegan yang mengharukan itu ditutup lagu yang enak sekali didengar.

Saya tidak tahu banyak tentang lagu country. Saya pikir yang menyanyikannya David Gates atau John Denver. Keduanya punya suara khas penyanyi country. Ringan dan renyah. Tapi saya salah. Glen Campbell penyanyinya. Judul lagunya: Wichita Lineman.

Sebagian pembaca pasti sudah tahu lagunya. Yang saya yakin Anda berasal dari generasi 50 atau 60-an. Mungkin sedikit-banyak 70-an. Dan sangat sedikit sekali dari generasi 80-an.

Saya hanya tahu satu lagu Glen Campbell. Yaitu Take My Hand For a While itu. Itu juga gara-gara Ayah saya yang mengoleksi kaset-kaset lama. Saya tidak tahu lagu Glen Campbell yang lain, hingga akhirnya nonton film Ozark itu.

<>

Tinggalkan Balasan