Pertanyaan Untuk Diri Sendiri Yang Terus Diulang

Kita menjalani hari demi hari mengikuti rutinitas, sampai terkadang kita berfikir hidup ini begitu membosankan. Tapi punya pikiran begitu malah lebih baik ketimbang pasrah begitu saja. Mengajukan pertanyaan yang tepat pada diri sendiri akan memberikan arti yang lebih baik dalam kehidupan kita. Mungkin terdengar klise, tapi mari coba tanyakan dulu 14 pertanyaan di bawah ini pada diri kita.

1.        Apakah saya bahagia?

Menanyakan ini pada diri sendiri tentu saja akan mendapatkan jawaban yang jujur. Jadi, kita tidak perlu waktu lama menjawabnya.

2.        Apakah saya sudah bersyukur?

Ketika menulis ini, saya bersyukur masih sehat. Punya pekerjaan, keluarga yang utuh dan teman yang baik.

3.        Apakah saya mencintai pekerjaan saya?

Kita kebanyakan menghabiskan waktu di pekerjaan, jadi penting sekali untuk mencintai pekerjaan kita. Tapi bagaimana buat yang belum bekerja alias menganggur?

Menulis blog bukan pekerjaan utama saya. Saya tidak dibayar untuk ini. Hanya, saya menyukainya.

4.        Apakah saya merasa baik-baik saja?

Berhubungan dengan orang lain dalam kondisi sehat secara emosional dan mental akan menghasilkan komunikasi yang positif. Kita akan lebih banyak mendengar ketimbang bicara. Lebih memilih mengalah ketimbang berdebat.

5.        Hal baru apa yang saya pelajari?

Kalau kita tidak punya jawaban yang bagus buat pertanyaan di atas, itu tandanya kita harus berubah. Ketika kita tidak belajar, makan kita tidak berkembang, ketika kita tidak berkembang maka kita akan mudah menyerah, merasa lemah dan bosan.

6.        Kemana tujuan karir saya?

Ketika kita tidak tahu tujuan jangka panjang kita, mulailah memikirkannya. Sebuah tujuan akan mengarahkan langkah kita ke sana.

7.        Seberapa berartinya pekerjaan saya?

Kita tentunya ingin pekerjaan kita bermanfaat, menghasilkan.

8.        Bagaimana saya bisa lebih baik mengerjakan pekerjaan saya?

Sesungguhnya, semakin baik pekerjaan yang kita lakukan, semakin besar dampaknya, yaitu pada kepuasan dan penghasilan.

9.        Apa prioritas utama saya sekarang?

Pertanyaan ini setidaknya diajukan setiap hari. Karena ketika kita fokus pada banyak hal di waktu bersamaan, kita akan sulit membuat banyak kemajuan.

10.      Bagaimana saya bisa mencapai prioritas utama tadi lebih cepat?

Pertanyaan ini bukan soal menjadi sabar, melainkan menjadi lebih kreatif. Ketika kita ingin mencapai tujuan lebih cepat, kita akan dipaksa mencari cara untuk mendapatkan hasil yang lebih baik.

11.      Kegiatan apa yang seharusnya saya berhenti lakukan?

Kita terlalu banyak membuang waktu. Sehingga penting untuk mengidentifikasi kegiatan yang mengalihkan kita dari tujuan kita. Setelah itu, kita harus berhenti melakukannya. Berhenti membuang-buang waktu.

12.      Hal apa yang membuat kita sampai menunda pekerjaan?

Kita sering tergoda untuk hal lain sampai menunda pekerjaan. Kesampingkan hal itu dulu. Simpan buat besok atau bulan depan.

13.      Bagaimana saya membantu orang lain hari ini?

Hidup kita lebih berarti ketika kita berbuat baik pada orang lain. Kita bisa memulainya dari hal kecil seperti tersenyum.

14.      Pertanyaan apa yang belum saya tanyakan pada diri sendiri?

Daftar petanyaan tadi bisa saja berubah mengingat diri kita juga terus berubah. Masing-masing orang punya pertanyaan sendiri, yang diajukan setiap bulan atau harian. Dengan melakukan hal tersebut diri kita akan lebih baik karena kita juga akan meluangkan waktu untuk melihat sudah sejauh mana kemajuannya.

Sumber: https://forge.medium.com/14-questions-to-ask-yourself-again-and-again-8e832d1394c1

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *