Doctor Sleep

Sebenarnya saya lebih tertarik nonton Doctor Sleep karena disutradari Mike Flanagan. Itu juga karena sebelumnya saya nonton The Hill of Hauting House. Karya Flanagan. Saya pikir akan ada sesutu berbeda dalam Doctor Sleep. Terutama ceritanya. Dan memang, Doctor Sleep menawarkan sesuatu yang baru. Tentang sekelompok manusia (atau bukan manusia) berjuluk True Knot, pemburu anak-anak dengan kelebihan, yang memiliki Shining seperti Danny, supaya mereka bisa berumur panjang. Kelompok itu dipimpin Rose the Hat (Rebecca Ferguson).

Korban mereka di tahun 1980 yang berbarengan dengan peristiwa Hotel Overlook bernama Violet. Violet dibunuh dalam ketakutan, uap asap yang keluar dari mulutnya dihirup mereka. Danny terlewat oleh mereka. Mungkin itu karena Danny sedang berada dalam Hotel Overlook. Hotel jahat, yang membuat ayahnya ingin membunuh Danny dan ibunya.

Kejadian di Hotel Overlook benar-benar memengaruhi kehidupan Danny (Ewan McGreggor). Seperti Ayahnya, Danny jadi seorang pemabuk dan gemar berkelahi.

Tahun 2011, Danny berpindah kota dan bertemu Billy, orang yang membantunya menemukan tempat tinggal dan mendapatkan pekerjaan di rumah sakit sebagai perawat yang mendampingi orang yang sedang kritis. Dari sinilah julukan Doctor Sleep datang.

Delapan tahun kemudian Danny menemukan tulisan “Hello” di dinding kamar. Ia tahu, seseorang yang mempunyai kelebihan yang menulisnya. Seperti sahabat pena, mereka saling berkomunikasi lewat dinding itu. Suatu hari Dan menemukan tulisan “Murder” (bunuh) di dinding tersebut. Dan bertanya: Who? Tulisan itu menjawab: The Baseball Boy.

Tulisan itu berhubungan dengan Bradley Trevor, bocah pemain bisbol yang dibunuh untuk ritual kawanan Rose the Hat.

Dalam prosesi ritual itu, Rose tahu seseorang sedang mengintipnya. Seseorang dengan kekuatan besar yang akan menjadi buruan selanjutnya. Seorang bocah perempuan bernama Abra Stone (Kyliegh Curran), orang yang sama yang menulis di dinding kamar Danny.

Selanjutnya, Danny dan Abra berkomunikasi dalam shining (semacam telepati, mampu membaca pikiran orang lain dan masa depan). Mereka juga bertemu. Membahas tentang shining dan menyelidiki kematian Bradley Trevor yang mengerikan.

Doctor Sleep merupakan sekuel The Shining, adaptasi dari novel Stephen King dengan judul yang sama, yang terbit tahun 2013. Buat kamu yang belum nonton The Shining, Doctor Sleep menyajikan kilas balik beberapa adegan The Shining. Sebagian dari sudut berbeda, dan ada juga adegan lanjutan setelah kematian Jack Torrence, ayah Danny. Pemainnya pun bukan yang pernah di The Shining, alias pengambilan gambar baru. Adegan-adegan kilas balik tersebut cukup membantu menggambarkan seputar kejadian di Hotel Overlook. Yang akan mengantarkan kita pada klimaks cerita di akhir film.

* * *

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *